Wicaksono, Handi and Murtadha, Shane Fa'iz (2022) Pengaruh Interval Pengiriman Beton Dengan Truck Mixer Terhadap Kualitas Mutu Beton (lokasi : TA2022TKJJ11-20). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.
PERSETUJUAN-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Download (367kB)
COVER-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Download (147kB)
LEGALITAS-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Download (315kB)
ABSTRAK-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Download (99kB)
BAB 1-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Download (73kB)
BAB 2-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
BAB 3-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (428kB) | Request a copy
BAB 4-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (299kB) | Request a copy
BAB 5-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Download (81kB)
DAFTAR PUSTAKA-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Download (144kB)
LAMPIRAN-HANDI-192011-SHANE-192020-TUGAS AKHIR-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Masalah yang terjadi di lapangan pada saat pengecoran pilecap dan rigid pavement adalah sering terjadi keterlambatan waktu pengiriman beton readymix dari batching plant menuju ke lokasi pengecoran. Permasalahan ini menyebabkan progress pekerjaan menjadi terlambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata interval waktu pengiriman beton dibandingkan dengan waktu normal, mengetahui perbedaan nilai slump dan kuat tekan antara batching plant dengan lapangan. Penelitian dilakukan dengan cara monitoring pekerjaan pengecoran kemudian pengambilan nilai slump di batching plant dan di lapangan lalu pengujian kuat tekan beton pada umur 7 hari, 14 hari, dan 28 hari. Dari hasil pembahasan didapatkan rata-rata interval pengiriman beton masih mengalami keterlambatan 2 menit dari waktu normal sedangkan hasil uji slump di batching plant dan lapangan memiliki perbedaan nilai sebesar 5 mm – 10 mm. Untuk hasil pengujian kuat tekan rata-rata umur 28 hari, sampel batching plant lebih tinggi dibandingkan hasil kuat tekan rata-rata sampel lapangan dengan nilai masing-masing sebesar 33,72 Mpa dan 32,77 Mpa. Secara umum pelaksanaan pengecoran beton pilecap di Proyek Pembangunan Tol Tebing Tinggi – Indrapura dikategorikan mengalamai keterlambatan dan berpengaruh terhadap hasil uji slump serta kuat tekan beton. Oleh karena itu, pelaksanaan monitoring pengecoran harus lebih diperhatikan agar kualitas mutu beton tetap terjaga dan sesuai dengan spesifikasi yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIDK Email UNSPECIFIED Hartono, Juandra 5220058501 juandra.hartono@pu.go.id |
Uncontrolled Keywords: | interval waktu, ritase, slump, kuat tekan, batching plant |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3 |
Depositing User: | Handi Wicaksono |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 01:38 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 01:38 |
URI: | http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/91 |