Widya Carolin, Ananda and Ayu Primaswari, Caprilla (2024) Penerapan Autodesk Navisworks Dan Autodesk Revit Untuk Optimasi Volume (Studi Kasus Overpass STA 44+010 Proyek Jalan Tol Tebing Tinggi - Parapat)(lokasi : TA2024TKJJ06-12). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.
PERSETUJUAN PUBLIKASI - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Download (3MB)
COVER - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Download (194kB)
LEGALITAS - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Download (218kB)
BAB I - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Download (192kB)
BAB II - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (912kB) | Request a copy
BAB III - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (991kB) | Request a copy
BAB IV - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (628kB) | Request a copy
BAB V - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Download (179kB)
DAFTAR PUSTAKA - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Download (182kB)
LAMPIRAN - ANANDA - 212006 - CAPRILLA - 212012 - TUGAS AKHIR- 2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Tugas akhir ini berfokus pada penerapan Building Information Modelling (BIM) dalam proyek konstruksi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan. Dengan memanfaatkan teknologi BIM, termasuk perangkat lunak seperti Autodesk Revit dan Autodesk Navisworks, penelitian ini fokus pada deteksi dan pengurangan benturan dalam desain struktur. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir perubahan desain dan biaya tambahan yang seringkali timbul. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa clash dan biaya yang telah ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan toleransi 0,01 m, terdeteksi 98 elemen clash, sedangkan dengan toleransi 0,005 m, jumlah elemen clash meningkat menjadi 112. Selisih volume yang diamati setelah perbaikan shop drawing adalah 2,41% dan 2,43% untuk masing-masing toleransi, sementara selisih biaya akibat clash dengan toleransi 0,01 m mencapai Rp22.626.250,81. Sedangkan selisih biaya setelah dilakukan pengujian clash dengan toleransi 0,005 m sebesar Rp22.681.444,23. Penelitian tugas akhir ini menekankan pentingnya visualisasi digital dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi waktu, dan transparansi proyek. Selain itu, hasil ini menunjukkan peran krusial teknologi BIM dalam mengurangi risiko dan mengoptimalkan hasil akhir proyek konstruksi, serta menawarkan solusi yang lebih efektif dalam manajemen dan perencanaan proyek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIDK Email UNSPECIFIED Dhanardono, Bhima 5208028201 bhimadesign@pu.go.id UNSPECIFIED Asih Nurhidayati, Zuni 5218078501 zuniasih@pu.go.id |
Uncontrolled Keywords: | Clash Detection, Autodesk Navisworks, BIM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3 |
Depositing User: | Ananda Widya Carolin |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:45 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:45 |
URI: | http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/568 |