Regiartasya, Divana and Pratama, M Kevin Haris (2024) Perbandingan Metode Cast In Situ dan Precast pada Pembuatan Box Underpass Proyek Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulon Progo Paket 1.1 (lokasi : TA2024TKJJ16-23). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.
PERSETUJUAN-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (1MB)
COVER-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (113kB)
LEGALITAS-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024 (ttd blm masuk).pdf
Download (4MB)
ABSTRAK-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (241kB)
BAB I-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (205kB)
BAB II-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (566kB) | Request a copy
BAB III-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (416kB) | Request a copy
BAB IV-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (194kB)
DAFTAR PUSTAKA-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (196kB)
LAMPIRAN-Divana-212016-Kevin-212023-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Pembangunan infrastruktur Jalan Tol Solo – Yogyakarta – New Yogyakarta Internaitonal Airport (NYIA) Kulon Progo bertujuan meningkatkan konektivitas antar wilayah, dan mengurangi waktu tempuh. Salah satu tantangan utama dalam pembangunan jalan tol adalah pemutusan akses jalan eksisting yang berdampak pada mobilitas masyarakat. Untuk mengatasi masalah ini, pembangunan struktur box underpass dapat menjadi solusi. Box underpass berfungsi sebagai jalur alternatif di bawah jalan tol, memastikan kontinuitas aksesibilitas selama masa konstruksi dan pasca konstruksi. Penelitian ini berfokus pada efisiensi metode konstruksi cast in situ dan precast pada pembangunan box underpass Proyek Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo Paket 1.1, khususnya STA 0+200,259 Ramp 1 SS Kartasura. Penelitian ini menggunakan metode analisis perbandingan dengan bantuan, MS Project untuk penjadwalan masa konstruksi dan Autodesk Revit untuk menghitung volume pekerjaan beton dan pembesian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode precast box underpass lebih efisien dalam hal durasi, menyelesaikan pembangunan dalam 26 hari dibandingkan metode cast in situ yang memerlukan 40 hari. Namun, metode precast box underpass memerlukan biaya sebesar Rp1.156.864.102. dibandingkan dengan Rp947.150.675 pada metode cast in situ. Dengan penghematan waktu mencapai 35% metode precast box underpass direkomendasikan sebagai metode konstruksi yang lebih efisien untuk pembangunan box underpass, meskipun biaya yang dikeluarkan lebih tinggi. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk pemilihan metode konstruksi yang optimal dalam proyek serupa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIDK Email UNSPECIFIED Nurhidayati, Zuni Asih 5218078501 0 UNSPECIFIED Hidayatiningrum, Laely Fitria 5204088101 laely.fh@pu.go.id |
Uncontrolled Keywords: | Box underpass, Cast in situ, Precast, Durasi, Biaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3 |
Depositing User: | Divana Regiartasya |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 09:11 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 09:11 |
URI: | http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/459 |