Evaluasi Metode Stabilisasi Tanah pada Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 2 STA 132+700 -133+150 (lokasi :TA2024TKJJ31-39)

Fahlevi, Muhammad Reza and Jumairah, Rini (2024) Evaluasi Metode Stabilisasi Tanah pada Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 2 STA 132+700 -133+150 (lokasi :TA2024TKJJ31-39). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.

[thumbnail of PERSETUJUANPUBLIKASI] Text (PERSETUJUANPUBLIKASI)
PERSETUJUAN-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of LEGALITAS] Text (LEGALITAS)
LEGALITAS-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BABI] Text (BABI)
BAB I-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BABII] Text (BABII)
BAB II-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BABIII] Text (BABIII)
BAB III-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BABIV] Text (BABIV)
BAB IV-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BABV] Text (BABV)
BAB V-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of DAFTARPUSTAKA] Text (DAFTARPUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Reza-212031-Rini-212039-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 2 bertujuan untuk memperkuat jaringan transportasi di Sumatera guna mendukung pertumbuhan ekonomi regional. Proyek ini menghadapi tantangan teknis berupa kondisi tanah yang tidak stabil di beberapa lokasi, seperti STA 132+700 – 133+150, yang memerlukan penerapan metode stabilisasi tanah yang efektif dan efisien. Pada tahap awal, metode preloading dipilih, namun hasil kajian ulang mengungkapkan bahwa metode ini memerlukan waktu pelaksanaan yang lebih lama, yaitu 144 hari, melebihi target yang ditetapkan sebesar 90 hari, meskipun menawarkan penghematan biaya dengan total Rp 31.858.000.209,09. Sebagai alternatif, metode tiang pancang diusulkan, yang mampu mengurangi durasi pelaksanaan menjadi 76 hari dengan biaya konstruksi sebesar Rp 32.275.122.610. Perbandingan antara kedua metode tersebut menunjukkan bahwa metode tiang pancang lebih efektif dalam pencapaian target waktu proyek, meskipun metode preloading lebih ekonomis dari segi biaya. Berdasarkan analisis ini, metode tiang pancang direkomendasikan untuk diterapkan pada lokasi dengan kondisi tanah yang tidak stabil, terutama dalam konteks kebutuhan percepatan waktu pelaksanaan konstruksi. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam mengenai durasi dan biaya konstruksi dari kedua metode tersebut, serta implikasinya terhadap pelaksanaan proyek infrastruktur jalan tol di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
Contribution
Name
NIDN/NIDK
Email
UNSPECIFIED
Nurhidayati, zuni asih
5218078501
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Andani, Rikal
5206028401
rikal.andani@pu.go.id
Uncontrolled Keywords: Stabilisasi Tanah, Tiang Pancang, Preloading,Waktu, Biaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3
Depositing User: Muhammad Reza Fahlevi
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:27
Last Modified: 28 Aug 2024 01:27
URI: http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item