Widya Kusuma, Aditya Wardhana and Putra Rantelino, Dian Pratama (2024) Analisa Kestabilan Lereng Menggunakan Sistem Geoframe dan Gambaran Pelaksanaannya pada Longsoran Lereng Golf KEK MNC Lido, Bogor (lokasi : TA2023TKJJ32-40). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.
PERSETUJUAN PUBLIKASI-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Download (362kB)
COVER-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Download (623kB)
LEGALITAS-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Download (4MB)
ABSTRAK-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Download (275kB)
BAB I-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Download (287kB)
BAB II-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Download (274kB)
DAFTAR PUSTAKA-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Download (581kB)
LAMPIRAN-Aditya-202032-Dian-202040 Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Proyek pemasangan geoframe lereng golf Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido merupakan proyek yang dikerjakan karena adanya kejadian longsor yang menyebabkan kerusakan topografi serta berkurangnya area rencana pembangunan lapangan golf. Berdasarkan masalah tersebut maka dikerjakanlah sebuah struktur dinding penahan tanah berupa sistem geoframe untuk menanggulangi potensi longsor yang mungkin saja dapat terjadi lagi dikemudian hari, sistem geoframe merupakan jenis dinding penahan tanah hasil pengembangan PT Geoforce Indonesia yang
tersusun atas material geosintetik sebagai komponen utama seperti, geotextile non�woven, geogrid, GI-Strip, dan frame. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap nilai safety factor lereng sebelum longsor dan setelah pemasangan sistem geoframe sebagai struktur proteksi berdasarkan persyaratan SF minimum SNI 8460:2017, adapun setelah pemasangan sistem geoframe dilakukan analisis nilai safety factor pada dua tinjauan berbeda yakni dari hasil variasi GI-Strip berdasarkan shop drawing dan variasi GI-Strip yang diterapkan dilapangan, setelahnya diikuti dengan penjelasan gambaran pelaksanaan sistem geoframe yang masih jarang diketahui oleh khalayak umum. Kemudian dari proses penelitian ini didapatkan bahwa hasil analisis dengan menggunakan software Plaxis 2D v.20 nilai safety factor sebelum lereng longsor
adalah 1,354, lalu setelah dipasang proteksi berupa sistem geoframe nilai safety factor meningkat menjadi 1,559 untuk variasi GI-Strip berdasarkan shop drawing dan 1,845 untuk variasi GI-Strip yang diterapkan di lapangan, selain itu berdasarkan penelitian ini juga didapatkan bahwa pemadatan tanah merupakan bagian terpenting dalam langkah pelaksanaan pemasangan sistem geoframe karena pemadatan yang baik akan memberikan jepitan yang maksimal antara GI-Strip dan layer tanah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIDK Email UNSPECIFIED Andani, Rikal UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Geoframe, GI-Strip, Safety factor, Langkah Pelaksanaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3 |
Depositing User: | Ainun Hapsari |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 07:51 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 07:51 |
URI: | http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/436 |