Ghozali, Bella Aprilia and Nurhaliza, Shafarina Anugrah (2024) Evaluasi Stabilitas Lereng Galian Di Sta. 28+800 Pembangunan Jalan Tol Padang - Sicincin (lokasi : TA2023TKJJ01-38). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.
PERSETUJUAN-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Download (385kB)
COVER-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Download (268kB)
LEGALITAS-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Download (325kB)
BAB I-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Download (601kB)
BAB II-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Download (142kB)
DAFTAR PUSTAKA-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Download (386kB)
LAMPIRAN-Bella-202001-Shafarina-202038-Tugas Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada proyek Pembangunan Jalan Tol Padang – Sicincin STA 28+800 yaitu adanya keruntuhan pada salah satu bagian lereng, penyebab utama keruntuhan tersebut karena kondisi tanah galian berupa tanah berpasir dan intensitas curah hujan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya keruntuhan lereng, menentukan solusi penanganan lereng yang tepat sesuai dengan faktor keamanan (FK), peninjauan terhadap bidang gelincir, serta membandingkan efisiensi biaya berdasarkan variasi penanganan lereng yang digunakan. Metode penelitian menggunakan analisis stabilitas lereng dengan bantuan software Plaxis V21 untuk mendapatkan nilai faktor keamanan dan kondisi bidang gelincir. Peninjauan nilai faktor keamanan dan bidang gelincir dilakukan untuk mengetahui apakah lereng sudah dalam kondisi stabil. Dari hasil analisis didapatkan nilai faktor keamanan tertinggi berada pada perkuatan shotcretesoil nailing dengan faktor keamanan (1,518), perkuatan dengan shotcrete (1,500), dan terendah berada di kondisi tanpa perkuatan (1,481). Jika ditinjau dari feasibility study didapat selisih biaya antara perkuatan menggunakan shotcrete dan perkuatan shotcrete soil nailing sebesar Rp14.934.206,00. Dari kedua alternatif tersebut,
dipilih penanganan lereng dengan shotcrete soil nailing karena memiliki nilai faktor keamanan tertinggi dan bidang gelincir yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan
perkuatan shotcrete.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIDK Email UNSPECIFIED Hartono, Juandra UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Keruntuhan, Shotcrete, Nailing, Faktor Kemanan, Bidang Gelincir |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3 |
Depositing User: | Ainun Hapsari |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 07:50 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 07:50 |
URI: | http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/432 |