Widyatama, Ananada Farros and Cahyaningtyas, Dyah Ayu Fatimah (2024) Analisa Pemilihan Alat Angkat untuk Pekerjaan Erection Jembatan Pipa Baja pada Proyek Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo-Semarang Fase 1 (lokasi : TA2023TKJJ05-07). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.
1. PERSETUJUAN-Farros-202005-Dyah-202007-Laporan Magang-2023.pdf
Download (118kB)
2. COVER-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Download (209kB)
3. LEGALITAS-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Download (765kB)
4. ABSTRAK-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Download (314kB)
5. BAB I-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Download (446kB)
6. BAB II-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (671kB) | Request a copy
7. BAB III-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (532kB) | Request a copy
8. BAB IV-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
9. BAB V-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Download (249kB)
10.DAFTAR PUSTAKA-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Download (254kB)
11. LAMPIRAN-FARROS-202005-DYAH-202007-TUGAS AKHIR-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB) | Request a copy
Abstract
Proyek Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo-Semarang fase 1 merupakan proyek pembangunan rel ganda (double track) sepanjang 10 kilometer spoor (Km’sp), dimana 1,8 km diantaranya merupakan struktur jalan rel layang (elevated). Tujuan pembangunan proyek elevated ini adalah untuk mengurai
kemacetan di persimpangan sebidang Joglo, Surakarta. Terdapat konstruksi jembatan dengan panjang total 270 meter dengan konfigurasi bentang utama (zona 3) sepanjang 130 meter dan masing-masing 71 meter pada bentang pendekat sisi kanan (zona 2) dan sisi kiri (zona 1). Desain jembatan berupa geometri pipa baja dengan dua ukuran diameter yaitu 0,8 meter dan 1,2 meter. Pemilihan alat angkat untuk pelaksanaan pekerjaan erection jembatan pipa baja dianalisa dengan cara
membandingkan beberapa jenis crawler crane yang memiliki kapasitas yang berbeda-beda, yaitu 150 ton, 200 ton, dan 275 ton. Parameter yang digunakan adalah dengan meninjau berat komponen pipa baja yang diangkat, crane’s capacity
berdasarkan load chart pada spesifikasi crawler crane, panjang boom, working radius, dan nilai safety factor. Berdasarkan hasil analisa, crawler crane kapasitas
150 ton dan 200 ton tidak dapat dipilih untuk pelaksanaan erection, karena panjang boom tidak menjangkau truss upper (TU), sedangkan crawler crane kapasitas 275 ton dapat digunakan untuk erection, namun dengan metode tandem lifting.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIDK Email UNSPECIFIED Hidayatiningrum, Laely Fitria UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | jembatan pipa baja, crawler crane, lifting dan erection, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3 |
Depositing User: | Ainun Hapsari |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 07:31 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 07:31 |
URI: | http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/424 |