Zakkiya, Diva Maulida and Satyatama, Ignatius Verdian S (2024) Metode Perkuatan Tanah Menggunakan Rigid Inclusion Tanpa Tulangan pada Runway Proyek Pembangunan Bandara VVIP IKN (Sisi Landasan Udara)(lokasi: TA2024TKJJ15-22). Diploma thesis, Politeknik Pekerjaan Umum.
PERSETUJUAN-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (404kB)
COVER-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (197kB)
LEGALITAS-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (372kB)
BAB I-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (416kB)
BAB II-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
BAB IV-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (330kB)
DAFTAR PUSTAKA-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Download (332kB)
LAMPIRAN-Diva Maulida Z-212015-Ignatius Verdian S.S-212022-Tugas Akhir-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan pada pembangunan Bandara VVIP IKN salah satunya ialah kondisi tanah lunak, yang ditandai dengan keberadaan tanah lempung hingga clayshale dan claystone. Stabilisasi tanah pada pembangunan Bandara VVIP sisi landasan udara dilakukan dengan beberapa macam metode, salah satunya rigid inclusion (RI). Rigid inclusion merupakan teknik perkuatan tanah dengan penanaman elemen struktur kaku ke dalam tanah yang terklasifikasi sebagai tanah lunak. Elemen struktur tersebut berupa konstruksi beton fc’ 20 MPa, yang terdiri dari RI tulangan dan RI non-tulangan, yang kemudian dibor hingga kedalaman tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan daya dukung tanah yang telah diperkuat dengan rigid inclusion tanpa tulangan menurut desain proyek dan menurut pertimbangan keberadaan lapisan clayshale. Analisis juga dilakukan pada parameter pengendalian mutu di lapangan berupa nilai kuat tekan beton (fc’ 20 MPa) dan nilai penurunan kolom RI (100 mm pada pembebanan 100%) sesuai spesifikasi khusus Bandara VVIP IKN.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Contributors: | Contribution Name NIDN/NIDK Email UNSPECIFIED Hidayatiningrum, Laely Fitria 5204088101 laely.fh@pu.go.id UNSPECIFIED Ramadhan, R.M Ernadi 5215029501 ernadiramadhan@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Rigid Inclusion, Plate Loading Test, Kuat Tekan Beton, Runway |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Studi Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan > Teknologi Konstruksi Jalan Dan Jembatan D3 |
Depositing User: | Diva Maulida Zakkiya |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:29 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:34 |
URI: | http://eprints.politeknikpu.ac.id/id/eprint/475 |